Sakamichi Review : Caravan Wa Nemuranai Nogizaka46 MV

  Okada Nana      
Caravan wa Nemuranai, coupling dari 22nd single ini dirilis berbarengan dengan Tsuzuku di tanggal 25 Oktober kemarin. Karena MV ini dirilis setelah Tsuzuku, jadi baru kukerjakan setelahnya. Makanya baru rilis hari ini. Well, langsung saja ini dia Sakamichi Review untuk Caravan wa Nemuranai.




Sebenarnya, aku cukup kaget melihat MV ini karena ini bukan coupling senbatsu atau per generasi tapi unit yang berbeda. Yah, siapa saja nanti akan kujabarkan satu-satu selanjutnya. Yokoburi Mitsunori kembali ke Nogi scene setelah Atarashii Sekai, pengambilan gambar dilakukan di akhir September. Sekilas trivia, lanjut ke review.

Di bagian pertama, Ashurin menelepon ibunya untuk bertukar kabar. Yoda yang tidak bisa membaur dengan teman-temannya. Mizuki yang tidak bisa menghubungi ibunya. Miona yang kesulitan di tempat kerja. Hoshi yang sepertinya terlalu sibuk dengan jadwal merasa kesepian. Kiichan yang bermain basket sendiri.

Ume yang berpisah karena salah satunya pindah sekolah. Miria dan Ranze yang berjalan berdampingan di pematang. Lalu Yuichanzou Riria dan Kuboshi yang menirukan adegan dari Shibuyagawa. Momo yang tidak bisa memasak -well, aku tidak tahu apa ini ekspresi yang tepat- Terakhir, tanpa penjelasan lebih jauh muncul; Renka, Denchan, Hinachima, dan Aachan.

乃木坂46 『キャラバンは眠らない』 - YouTube.MKV_000093802
Setelah itu bagian kedua dimana suasananya mulai cerah. Miria yang memberi gantungan kunci pada Ranze. Yah, intinya satu-satu mulai menghilangkan sisi gelap dari dirinya masing-masing. Tapi aku tidak mengerti kenapa simbologi dari cahaya yang hilang itu adalah dengan….. dandelion or feather?

Yep, CG murah lagi yang dipakai. Duh. Aku merasa ini bagian paling jelek dari MV ini, sama sekali tidak penting untuk dipakai. Sebenarnya tidak sepenuhnya jelek, ada scene yang oke dengan CG ini seperti saat Aachan, Renka, dan Denchan melihatnya di lorong sekolah. Tapi yakali nyasar juga ke tempat karaoke Yoda malam-malam.

Entahlah, kalau aku melihatnya seperti saat Gundam Wing Zero Custom datang ke tiap pertempuran, pasti ada sayap-sayap putih seperti ini. Well, selanjutnya, tidak ada yang menarik lagi dari segi storyline karena memang hanya dibagi dua; saat suram dan saat ceria.

乃木坂46 『キャラバンは眠らない』 - YouTube.MKV_000273065
Overall, Caravan wa Nemuranai tidak membawa storyline yang kuat. Ya, sama sekali tidak. Karena yang kudapat dari sini adalah di saat kita sedih, hanya butuh bulu sayap putih untuk membuat kita jadi ceria lagi. Tapi karena ini sudah jadi ciri khas sutradaranya, apa boleh buat.

Atarashii Sekai juga tidak punya storyline kuat, dan malah lebih scifi dari Caravan wa Nemuranai yang lebih natural, hanya saja dia tetap memasukkan ciri khasnya yaitu sisi CG yang terkesan out of place. Bagian ini jelas jadi minus biarpun bukan major mistake.

Selain faktor CG ini, sinematografi Caravan wa Nemuranai terbilang top notch. Sedikit lebih berat di close-up member memang, padahal kalau lebih imbang dengan latar belakang mungkin lebih bagus. Sedikit banyak ini kebalikan total dari Chikyuu ga Maruinara sih, menimbang sama-sama punya background oke.


Susah untuk memilih scene favorit dari MV ini, tapi rasanya Kiichan layak dapat kredit untuk scene ini
Menimbang banyaknya close-up, susah untuk bilang formasi lagu ini karena tidak ada dance scene. Dan kontras MV ini dengan dua MV sebelumnya dari segi screentime jelas kentara, tapi kalian pilih mana sih? Yang terlalu fokus pada satu orang dengan storyline jelas atau dengan distribusi merata tapi storyline agak susah dipahami?

Untukku sih, dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan. Kekurangan dari Caravan jelas adalah butuh waktu lebih untuk memahami storyline. Karena itu juga review kali ini cukup lama. Well, itupun aku tidak bisa membahas lebih detail karena memang tidak ada yang bisa dibahas.

Apalagi coba? Storyline, screentime, output final, semuanya sudah. Satu kata penutup mungkin hanya MV ini jelas bisa dianggap sebagai salah satu yang kurang bisa mengangkat kesan dari lagunya. Bocoran saja, lagu ini sejauh sampai review ini rilis, adalah pilihan #1 untukku.


Flower petals? Featherwings? Just why?
Overall, MV ini bagus sebenarnya, tapi dengan perpindahan cerita yang rasanya terlalu cepat mengurangi kenikmatan menontonnya. Khas Nogi juga, sedikit gelap dan menarik mata untuk melihatnya, tapi bikin cepat bosan karena tidak ada hook di MV ini.

Nilai akhirku, B- mungkin, Caravan wa Nemuranai kurang menarik sebagai MV karena aku lebih tertarik pada lagunya. Jarang-jarang aku menulis seperti ini saat review MV. Kalian sendiri bagaimana?

All images and videos used is credited to it’s respective owners
logoblog

Thanks for reading Sakamichi Review : Caravan Wa Nemuranai Nogizaka46 MV

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment