Justice League versi Sakamichi Nogizaka46 Keyakizaka46 Hinatazaka46

  Okada Nana      
Well, bukan karena Avengers : Endgame akan dirilis di akhir bulan April nanti aku menulis ini. Ya ada sedikit faktor juga sih, karena aku lebih banyak membaca terbitan DC ketimbang Marvel. Tidak sepenuhnya karena Avengers, karena kalau itu topiknya artikel ini tidak akan selesai.

Kali ini aku ingin membahas tentang Justice League of Sakamichi, and what the hell is that? Well, untuk singkatnya, ini adalah beberapa member Sakamichi yang sekarang paling menonjol dari masing-masing; Nogi, Keyaki, dan Hinata. Mereka yang paling dikenal saat ini termasuk secara individu.


Karena karir sebagai idol bisa dibilang hanya batu loncatan, membuat nama diluar grup jelas sama pentingnya. Dan sekarang, mereka inilah yang paling dikenal dari Sakamichi group. Lalu siapa saja mereka, langsung saja ini dia Justice League of Sakamichi.

How Alex Ross Imagined a Justice League Movie
Original 7,
Justice League
Jelas aku tidak akan mengambil referensi dari filmnya yang sucks -like DC always did- tapi mengambil 7 member original dari Justice League. Banyak sekali member dari JL kalau mengacu pada canon, tapi jadinya terlalu panjang makanya kupersingkat saja jadi 7.

Di canon DC yang sekarang, ada 9 anggota JL, yaitu 7 member original ditambah Cyborg dan Hawkgirl. Dan Shazam sendiri pernah jadi anggota JL, juga Mera dari Aquaman. Yang pasti, jumlah karakter di Justice League tidak sebanyak Avengers.

Salah satu pendiri dan panutan bagi anggota JL. Sering dianggap sebagai pemimpin JL. Sebagai manusia -teknisnya, bukan manusia- terkuat di Bumi, Superman selalu bisa diandalkan. Kekurangan dari Superman adalah terkadang ketidakmampuannya membuat keputusan di saat genting sering menjadi fatal.

Tetap saja sebagai superhero terbaik -debated still, yet he’s the epitome of “super”- Superman adalah sosok terbaik untuk memimpin JL. Well, jelas dalam karakter, tidak ada yang bisa masuk sebagai Superman dari member Sakamichi, karena itu kupilih saja yang paling mendekati popularitasnya.

Setelah grad-nya Naachan, Double Suns are no longer, jadi Maiyan sendirian sebagai wajah dari Nogi. Dan rasanya sampai sekarang pun, dia masih member Sakamichi paling dikenal luas. Terutama dari modelling. Jadi, melihat Maiyan sebagai si poni keriting satu jelas tidak berlebihan.

Selain itu, baik Maiyan dan Supes sama-sama role model. Tidak bisa dibilang kalau sempurna di semua bidang, kelemahan Supes ada pada Kryptonite sementara untuk Maiyan, status quo di Nogi.

Detektif terhebat di DC Universe ini punya franchise terbaik bagi dunia film DC; trilogi The Dark Knight. Setelahnya hancur lewat Batman vs Superman dan Justice League. Batman mungkin superhero DC yang lebih familiar bagi moviegoers karena sukses filmnya.

Seperti yang sudah digambarkan di film Batman Begins, prekuel dari The Dark Knight, Bruce Wayne kehilangan orangtuanya yang dibunuh di depan matanya sendiri, sisanya adalah sejarah. Sejarah yang kompleks dan panjang sebelum Batman melindungi Gotham City.

Oke, siapa yang akan menolak kalau Tecchi adalah sosok Batman di Sakamichi? Latar belakangnya mungkin tidak sama, tapi “kegelapan” yang mereka bawa tidak jauh berbeda. Batman adalah salah satu superhero paling gelap sepanjang sejarah komik, Tecchi? Tidak perlu ditanya.

Kalau Batman tercipta karena ketakutan Bruce pada kelelawar, Tecchi muncul sebagai idol yang berbeda 180° dari biasanya karena dia bisa menarik keluar konsep itu sepenuhnya.

Bagi fans Nogi, tentu sosok ini lebih familiar karena mereka mengisi OST untuk versi Jepang filmnya tahun 2017 lalu. Terbilang berhasil sih, kalau dibandingkan Superman atau Green Lantern yang gagal total. Oke, Man of Steel bukan film yang jelek, apalagi kalau dibandingkan Superman Returns.

Anyway, terlahir sebagai Diana, putri dari kerajaan Amazon, Wonder Woman bisa dibilang pemimpin di balik layar. Ketegasannya membuat Wonder Woman ditakuti lawan dan disegani kawan. Tidak ragu dia akan membunuh musuh kalau keadaan memaksa.

Well, bukan karena Ashu berperan banyak di promosi Wonder Woman yang dulu jadi aku memasukkannya disini. Tidak. Tapi karena dari segi personality, baik Ashu dan Diana sama-sama berbeda. Diana tegas, Ashu dark. Bisa dibilang dua-duanya bisa memberi gambaran bagaimana sosok perempuan bisa berbeda.

Diana memberi penggambaran bagaimana superhero wanita bisa bersanding dengan yang laki-laki. Ashu berbeda dengan idol kebanyakan, persona dark-nya dipandang memberi gambaran baru akan idol yang tidak menutupi jati dirinya.

Disini Hal Jordan menjadi OG Green Lantern. Kenapa kubilang OG, karena sebenarnya Green Lantern adalah sebuah organisasi sendiri yang bernama Green Lantern Corps -the hell, I told you- dan Hal Jordan mendapatkan cincin Green Lantern lewat organisasi antar-galaksi ini.

Dan juga, dia muncul sebagai pendiri JL dan Original 7. Beberapa Green Lantern selain Jordan juga pernah menjadi anggota JL. Cerita Jordan sudah kubahas sendiri sebelumnya, jadi kali ini tidak banyak yang bisa ditambahkan.

Memilih Yuuka sebagai member Sakamichi paling populer mungkin akan membuat beberapa orang bertanya. Pertanyannya mungkin sekitar “memangnya member Keyaki selain Tecchi siapa lagi yang populer?” Well, masuk akal.

Dan kenapa Yuuka masuk disini mungkin bisa digambarkan begini; dia kapten dan secara keseluruhan, dia hanya kalah dari Tecchi dan Neru saat orang mengatakan “Keyaki” dan juga cukup sering wara-wiri di beberapa program dan juga radio. Jadi cukup pantas memasukkan Yuuka disini. Oh, Keyaki butuh lebih banyak member yang bisa populer di publik.

Sama seperti Green Lantern, Flash di awal Justice League dan di canon yang sekarang dimainkan oleh Barry Allen. Dan Flash bukan hanya satu orang; Barry Allen, Wally West, Jay Garrick, dan banyak lagi. Di film Justice League, Barry Allen diperankan Ezra Miller.

Asal-usul Flash dan bagaimana dia bisa menjadi manusia tercepat di Bumi adalah berkat Speed Force yang bisa membuatnya bergerak dengan kecepatan cahaya. Scientifically speaking, kemampuan Flash sebenarnya adalah manipulasi ruang dan waktu alih-alih berlari secepat cahaya.

Miona mungkin member yang tepat sebagai Flash. Kalau melihat karakter, dia dan Barry Allen punya kesamaan yaitu sama-sama konyol. Humor yang mereka lontarkan biasanya bisa membuat semua tertawa, dan kadang juga membuat awkward.

Popularitas Miona mungkin sedang naik-naiknya, apalagi Hot Gimmick bisa dibilang adaptasi yang cukup dinantikan. Jadi layaklah dia masuk ke daftar ini. Satu hal lagi yang sama; Barry dan Miona bisa dibilang sama-sama menggunakan Speed Force untuk masuk dalam dunianya.

Aquaman
nao
Oke, Aquaman punya popularitas terbaik untuk karakter DC sekarang ini. Filmnya bisa dibilang yang terbaik setelah trilogi The Dark Knight. Well, kalau untukku, yang melihat sosok Aquaman yang lebih dandy di komik alih-alih sangar seperti di film, sedikit aneh. Satu-satunya alasan kenapa di film dia terlihat sangar mungkin untuk menyesuaikan dengan efek dramatis di dalam air.

Arthur Curry, setengah manusia-setengah Atlantean yang menjadi raja Atlantis, well, kalau sudah menonton filmnya pasti tahu cerita Aquaman. Tapi Arthur bukan original Aquaman, melainkan Orin yang mati sebelum hidup kembali di event Blackest Night.

Nao sekarang punya posisi paling penting di Hinata, karena itu dia jadi satu-satuya dari Hinata yang masuk di daftar ini. Well, untuk bilang Nao punya popularitas paling tinggi dari Hinata, seperti tujuan awal artikel ini, memang masih bisa diperdebatkan. Tapi, kalau bukan Nao, lalu siapa member Hinata yang lebih populer?

Sebagai center di single debut, sudah pasti publik akan lebih mengenalnya. Tapi karena memang semua member Hinata belum menunjukkan popularitas sebesar kakak-kakaknya, jadi memasukkan Nao disini hanya sebatas mandatory. Dan lagi, sama seperti Arthur, Nao juga terbilang lebih tertutup pada semua orang.

Last but not least of the Original 7 is Martian Manhunter. Seperti bisa dilihat dari namanya, Manhunter berasal dari Mars dengan nama J’onn. J’onn hidup dari era Mars masih dihuni dan berkat penemuan Dr. Erdel yang membawanya ke Bumi yang ada di masa sekarang.

Sebagai manusia, Manhunter menata kembali kehidupannya di Bumi masa sekarang. Kekuatan fisiologis seorang Martian, telepati, intelektual, dan keseluruhan bisa menyamai kekuatan seorang Superman membuatnya menjadi Original 7. Kelemahannya yang diketahui hanya pada api.

Sosok misterius J’onn akan cocok dengan Ikuchan. Mengingat dari segi kekuatan -popularitas- Iku sendiri tidak ada lawan di Sakamichi sekarang ini. Idol, musikal, CM, dan lainnya, dan dari segi misteriusnya, well, tidak ada yang bisa menebak humor apa yang akan diluncurkan Iku selanjutnya.

Swiss knife of all superheroes, julukan Manhunter, layak disematkan pada Iku, dengan mengganti subyeknya menjadi idol. Hanya jangan main-main dengan api saja.

Begitulah gambaran member Sakamichi kalau dibandingkan dengan Justice League. Dan Yoshimoto jelas tidak masuk karena mencari materi tentang mereka sulit, padahal akan lebih menarik kalau info tentang mereka mudah didapat. Well, que sera sera.

Siapa yang menurut kalian cocok dengan gambaran diatas, atau malah punya member lain yang lebih cocok dengan karakter yang kusebut diatas? Atau malah membandingkannya dengan Avengers? Silakan saja tulis di kolom komentar dibawah.

All images and videos used is credited to it’s respective owners
logoblog

Thanks for reading Justice League versi Sakamichi Nogizaka46 Keyakizaka46 Hinatazaka46

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment