Nogizaka46 This Year 2018 Kaleidoskop review sakamichi

  Okada Nana      
Kembali dengan #SakamichiThisYear, kali ini untuk Nogizaka This Year 2018. Seperti biasa, ini berisi tentang perjalanan Sakamichi di tiap tahun. Kali ini, untuk Nogizaka This Year 2018, mungkin adalah turning point bagiku. Untuk hal ini mungkin di tahun baru nanti untuk lebih detailnya.


Kali ini untuk rekap dari perjalanan Nogi di tahun 2018 ini, 7 tahun dan untukku, 5 tahun. Well, langsung saja, ini dia Nogizaka This Year 2018.

Releases
synchronicity single
jikochuudeikou
kaerimichiwashitakunaru
Synchronicity, Jikochuu de Ikou, dan Kaerimichi wa Toomawari Shitaku Naru menjadi nomor Nogi tahun ini. 20th, 21st, dan 22nd yang semuanya memberi kesan yang berbeda. Pertama, untuk Synchronicity. Sebagai single pembuka 2018, rasanya sudah lebih dari cukup kata-kata untuk single ini.

Synchronicity menempati posisi tinggi untuk Sakamichi Best Song & Best MV 2018, rasanya di dua artikel itu sudah kukatakan semuanya. Jadi, skip untuk membahas Synchro sekali lagi. Di pertengahan tahun Jikochuu memberi nuansa yang….tidak jauh berbeda dengan kutukan yang masih menghantui.

Meski harus diakui, Jikochuu termasuk summer single yang lebih fresh dibanding yang lain. Well, not really my cup of tea, but it’s better than the rest. Setidaknya membuat nuansa summer masih terasa. Terakhir, Kaerimichi yang mungkin adalah single yang paling biasa saja -setidaknya menurutku-

Mungkin juga tertutupi fakta kalau ini adalah graduation single -which is always shit- yang pasti, Kaerimichi tidak punya hook yang lebih catchy dibanding Jikochuu atau MV yang lebih bagus dari Synchronicity. Tapi, secara musik, bisa dibilang Kaerimichi punya purple line yang lebih dari cukup.

Overall, untuk rilisan di tahun ini, Nogi masih merilis lagu yang dalam zona aman. Purple line and honestly, it leaves much better impression than last year’s. Minim gimmick yang sebenarnya sedikit mengecewakan, tapi okelah karena ini tahun transisi. Yang membawa kita ke segmen selanjutnya.

Graduation


View this post on Instagram

普通に文も書けるんだね。笑 皆さまコメント&フォローありがとう!!振り返りとしてこれから出せてない写真出す! #LINE #NEWSAWARDS2018 #福田雄一監督代理 #選考理由 #唯一暇だったから #今日から俺は!!

A post shared by 若月佑美 (@yumi_wakatsuki_official) on Dec 27, 2018 at 7:33pm PST

Delapan nama mengumumkan graduation di tahun ini, jumlah yang menurutku masih terlalu sedikit untuk menyeimbangkan jumlah member. Well, memang nama-nama besar juga ikut grad seperti tahun-tahun sebelumnya. Di awal tahun ada Ikoma dan Rotti yang mengakhiri 95 Line.

Dua-duanya grad di awal 2018 setelah mengumumkannya pada akhir 2017. Tak lama di bulan Mei, Chiichan dan Iori mengumumkan graduation. Iori menjadi member pertama dari Gen 2 yang graduate, de facto sebagai member, bukan KKS. Dan sejujurnya, ini menjadi graduation yang paling membuatku sedikit kecewa.

Lalu gong-nya, di akhir tahun ini Naachan dan Yumi menjadi headline dimana-mana karena mereka grad di waktu yang nyaris bersamaan. Naachan lebih dulu, dan juga membuatnya menjadi center untuk Kaerimichi -all those sentimetal reasons- nah, di waktu yang juga berdekatan, member lain juga ikut grad.

Johnson dan Kawago-P menutup 2018 dengan ikut graduate. Langkah yang sebenarnya sangat bijak mengingat mereka sudah tidak ada harapan lagi di grup. Kontrak Kawago dengan Popteen juga selesai -aku tidak ingat jelas urutannya- berdekatan dengan pengumuman graduation-nya.

Luckily, some already did their own path. Hope them the best.

New Entry
#乃木坂46 #4期生 が宇宙最速表紙&雑誌初登場の #BRODY 2月号は本日発売!!
そして4期生全員のスペシャル動画を大公開!!
今月号は4期生だけで巻頭ぶち抜き43ページ永久保存版大特集!!
乃木坂46の新しい歴史がここから始まります。その目撃者になりたい方は是非ご覧下さい!!https://t.co/4MQ8D9w89I pic.twitter.com/iQVcGWXDnP

— BRODY編集部 (@brody20150821) December 22, 2018

Menjelang pergantian tahun, 11 member Gen 4 Nogi diperkenalkan. Yah, seperti sudah kukatakan, sedikit membosankan. Sampai artikel ini naik, aku masih belum berniat mencari tahu lebih banyak tentang mereka. Jadi, yah, belum banyak yang bisa kukatakan.

11 member dan sejauh ini masih belum ada progress lebih untuk melihat mereka lebih jauh, jadi kurasa masih harus menunggu tahun berganti sebelum bisa memutuskan. Nah, karena untuk sekarang Gen 4 masih jauh dari diskusi, kita beralih ke segmen selanjutnya.

Uprising
DvaBQEqVYAA2hQD
DvKPvcMVYAAyUyq.jpg
Beberapa member jelas punya kesempatan yang besar di tahun ini. Banyak member yang mendapat stage play, to name a few; Iku, Misa, Capt, Yumi, Junna, Aachan, Lord. Beberapa menjajal drama meski hanya sebagai peran pendamping seperti Sayuringo dan Maiyan.

Atau malah film seperti Ashurin. Ada juga yang merilis novel seperti Kaz, yang mana sebenarnya tidak terlalu mengejutkan mengingat dia sudah lama menulis sebagai sampingan. Untuk radio juga rooster selalu ada, berganti dengan dinamis.

Well, kalau di 2017 kemarin kita melihat major development untuk Gen 3, di tahun ini mereka sudah mengambil lebih banyak peran dari senpai. Stage play Hoshi no Ojousama dimainkan oleh Gen 3, peran mereka juga lebih dominan di Project Zambi.

Kalau aku memilih, ada tiga nama yang menurutku layak disebut most prominent members; Aachan. Dia membuat gebrakan besar tahun ini, mulai dari senbatsu pertama sampai peran utama di stage play. Yang pertama dari Gen 2 setelah Maichun mendapat exposure sebesar ini. Lebih dari Ranze.

Lalu Ume, yang mendapat tempat yang lebih baik, bahkan bisa dibilang paling nyaman untuk member Gen 3. Perannya masih belum jelas sejauh ini, tapi rotasinya ada di sekitar Maiyan, so it is a risky yet comfortable seat. Terakhir, Renachi.

Oke, untuk yang terakhir ini mungkin sedikit aneh mengingat Renachi tidak banyak terdengar, tapi dia adalah salah satu member dengan airtime yang paling sering kulihat. Gravure, radio, kekuatan terbesarnya mungkin adalah fanbase yang militan.

Tidak berarti tiga nama ini serta-merta bisa jadi penantang serius untuk senbatsu tahun depan ya. Ini hanya penilaianku semata berdasarkan siapa saja yang terlihat paling menjanjikan di tahun 2018 ini. Kalau ada member lain yang menurut kalian layak, tulis saja dibawah.

Photobook

Tahun ini gelontoran PB tidak semasif tahun 2017 kemarin. Hanya Naachan, Hoshimina, Sayu, Ikuchan untuk kedua kali, dan long awaited Kiichan PB. Kita sudah bisa mulai meninggalkan titel konservatif dari Nogi lewat PB-PB yang dirilis. Which is….win-win solution.

Oh, untuk mempersingkat saja, prinsipku masih sama; selama sudah cukup umur, dengan kata lain >20, silakan saja merilis PB. Dan dari semua PB yang dirilis di Nogizaka This Year 2018 ini, jelas Naachan memberi lebih banyak informasi dari biasanya, Mai-style.

Untuk Sayu, this was her last piece of puzzle, so I’m happy for her. Tapi jelas, untuk PB, Nogisatsu meski tujuannya hanya untuk uang saja, masih ada di puncak untuk rilisan PB tahun ini. Untuk PB individual, jujur saja, doesn’t quite meet my expectations.

Images

Just like usual. Untuk Nogizaka This Year 2018 ini, mereka masih tampil dengan image yang sama. Hanya saja, kata-kata konservatif rasanya sudah mulai bisa dihilangkan untuk saat ini. Yah, lewat PB dan gravure yang jumlahnya sudah jauh lebih banyak dari sebelum-sebelumnya, rasanya itu wajar.

Tapi untungnya Nogi masih “cukup” konservatif, tidak ada gesture yang terlalu berlebihan termasuk di segmen ini, jadi masih bisa dimaklumi. Unofficial title as “modelzaka46” juga masih dipertahankan, jadi untuk hal ini, secara keseluruhan Nogi masih sama saja untuk tahun ini.

Mungkin satu fakta seperti yang kukatakan sebelumnya, kalau Nogi adalah “it group” untuk 2018. Jadi lebih banyak pekerjaan baik sebagai grup maupun individu akan sama berpengaruhnya bagi group image.

Final Words

See you next year
Nogizaka This Year 2018 membawa banyak hal untuk Nogi. Mulai dari banyaknya outside job untuk member, dan sebagai grup mereka “memonopoli” stage play dan juga sales yang terus meningkat. 1M copies yang dulu sering ditargetkan kini sudah tidak terasa spesial.

Well, ini jelas termasuk fase pertumbuhan yang wajar dialami setiap grup, dan sebagai orang dulu targetnya hanyalah “membuat Nogi lebih banyak dibicarakan dibanding AKB”, pencapaian sampai Nogizaka This Year 2018 ini jelas lebih besar dari apa yang dulu diharapkan.

Hanya saja, ada beberapa faktor yang membuatku tidak bisa bilang Nogi masih sama seperti yang dulu. Sudah sedikit kusinggung diatas kalau mereka terus berusaha “memperlebar” definisi konservatif untuk menjangkau pasar yang lebih besar.

Screw that, karena berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sekarang mungkin aku tidak akan terlalu mengamati sedalam itu. Bukan karena bosan, tapi karena butuh waktu jeda saja. Dan juga, aku butuh materi yang lebih dari Nogi untuk tahun depan.

Bagaimana dengan kalian? Punya pendapat sendiri untuk Nogizaka This Year 2018? Bagikan pendapat kalian.

All images and videos used is credited to it’s respective owners
logoblog

Thanks for reading Nogizaka46 This Year 2018 Kaleidoskop review sakamichi

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment