Nogizaka46 Review MV Sing Out Sakamichi Indonesia

  Okada Nana      
MV untuk 23rd single Nogizaka46 Sing Out akhirnya dirilis pada 3 Mei 2019. Ini jadi single pertama yang rilis setelah Kaerimichi pada bulan November 2018 kemarin. Nah, Sing Out memancing lumayan banyak komentar sejak lagunya dirilis di Youtube resmi Nogi.


Dan ya, tidak salah baca, radio rip dari Sing Out dirilis di Youtube Nogi, untuk pertama kalinya lagunya dirilis duluan di Youtube. Langkah yang bagus sih, dari bisnis ini memungkinkan ekspansi ke Asia jadi lebih mudah, dan untuk MV-nya juga tidak kena region block -I’m looking at you, sisters-

Oke, untuk lagunya akan kubahas sendiri nanti di review single, kali ini untuk MV saja. Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Sing Out.

Sing Out disutradarai lagi oleh Ikeda Kazuma dan untuk koreografi ditangani oleh Seishiro, kombinasi yang sama dengan saat Synchronicity tahun lalu. Dan juga yang menyabet JRA kedua untuk Nogi. Pengambilan gambar untuk MV ini dilakukan di Yamanashi, meski kenapa harus kesana padahal hanya indoor juga tidak jelas.

Memang harus diakui, untuk set jauh dari Synchronicity. Kali ini mengingatkan pada Kimi no na wa Kibou dan tone warnanya sedikit banyak mengacu ke Hatsukoi no Hito wo Imademo atau Sankaku no Akichi. Dan untuk referensi ke pop culture, ini sih banyak terinspirasi dari The Greatest Show. Oh well, I imagined Yoshio Konno as P.T Barnum for a moment.

Nah, MV ini dibuka dengan full shot member & backdancer. Untuk backdancer akan kubahas sendiri di akhir. Dari opening scene ini saja, kelihatan kalau Ikeda berusaha menggabungkan dua title MV; Kimikibou dan Synchro. Not a bad thing, the whole arrangement are o-k.

乃木坂46 『Sing Out!』 - YouTube_2.mkv_000093677
Lalu ke scene dimana Ashu-Maiyan-Iku-Miona-Kaz, membuatku berpikir ini termasuk member-member yang sebelumnya tidak bisa kubayangkan ada di satu scene seperti ini bersamaan. 4-5 tahun lalu, mungkin saja kalau minus Ashu, kalau sekarang di 2019 melihat ini, rasanya ada yang janggal saja.

Scene dimana dua-tiga member atau yang solo saat melakukan dance dengan spotlight menurutku bisa jadi kandidat best scene disini. Kandidat lain jelas continuous shot yang eye candy, atau saat diambil dari bird eye view karena terlihat seperi bunga yang mekar. Terakhir untuk scene saat naik ke wooden stage, brings back good ol’ days.

Overall, untuk sinematografi kali ini menang banyak untukku. Memang tidak semuanya layak dipuji, beberapa yang tidak kusukai termasuk saat backdancer masuk, kadang terasa jadi terlalu penuh, terutama saat mereka mengelilingi member. Yah, tidak heran juga kalau ada yang merasa ini mirip Ambivalent.

Nah setelah sinematografi, sekarang beralih ke koreo. Oke, singkat saja, it really draws me in. It fluidness blended well with the song. Even worth claiming to be one of the best choreo Nogi ever did. Let’s say the identity, the purple line, of Nogi pictured here. Maybe I’m biased but whatever.

Satu yang mungkin bisa digarisbawahi; rasanya kita semua bisa bilang kalau -secara mengejutkan- Ashu bisa melakukan koreo ini dengan baik di solo scene-nya. Sejauh yang aku ingat, Ashu bukan top dancer di Nogi. Dan kupikir dia akan tertutupi oleh Maiyan dan Iku, apalagi mereka mengenakan dress code yang persis sama dan Ashu relatif sama dengan member lain.

Ternyata dia bisa menarik scene ini dengan baik, dan itu melegakan. Yah, I have to say this; gerakannya memang tidak satu level dengan Maiyan atau Naachan, tapi kali ini, mengingat dasarnya dia ada di bawah mereka, bisa dibilang ini pencapaian yang oke. Main single, jolt that down.

Untuk Sing Out, ada tiga hari untuk latihan koreo, 10 hari untuk Ashu. Jadi tidak heran juga sih. Jadi tidak sabar menunggu first live lagu ini.

乃木坂46 『Sing Out!』 - YouTube_2.mkv_000266350
Beralih ke screentime, yang ini sih, yakali masih berharap untuk 2nd row apalagi 3rd row. Sudah kubilang kan saat senbatsunya diumumkan, kalau dengan jumlah member sebanyak ini jangan pernah berharap untuk screentime. Hanya beberapa yang beruntung dapat satu sepersekian detik lebih banyak saat solo dance. Jadi untuk ini, aku pass deh daripada banyak yang baper.

Untuk kostum, aku bisa bilang ini akan jadi salah satu kostum paling ikonik yang pernah digunakan. Warna ungunya pas dengan Nogi, perpaduan dengan warna putihnya juga a-ok. It plays homage to much of past costumes, and did really well at that. Lebih bagus daripada all-white di Synchro, jelas.

Well, untukku Sing Out bisa jadi MV terbaik yang bisa Nogi berikan sebagai pembuka 2019. Satu hal yang pasti, aku sangat rindu dengan MV seperti ini. MV ini bukan sekedar dance MV biasa, ini step up dari Synchronicity karena nuansa musikalnya jauh lebih terasa. Is it a good thing? Well, depends.

Kalau kalian suka dengan MV semacam ini -seperti aku- maka tidak ada yang bisa dikritik. Semua aspek di Sing Out dapat nilai A dariku; sinematografi, koreo, kostum. Yah, untuk storyline sih bisa dihapus ya, screentime juga sudah bisa ditebak dari awal sih.

Aku sih tidak mengerti dengan pendapat yang bilang MV ini mirip Ambivalent lah, Kuroi Hitsuji lah, apa karena backdancer dan peran Ashu sebagai center yang lebih di-highlight? Kalau iya sih…. yah, kebebasan berpendapat. Tapi kalau dibandingkan dengan Kimikibou atau Synchro, masih wajar karena kesamaannya memang tidak bisa dibantah.

乃木坂46 『Sing Out!』 - YouTube_2.mkv_000310394
Overall, MV semacam ini akan selalu punya rasio penerimaan dan penolakan yang sama besar sih. Jadi tergantung pada individu saja. Akhir kata dariku, MV semacam inilah yang membuatku terjun bebas ke Nogi dulu, melihatnya lagi sekarang setelah beberapa rilisan yang hit & miss selama dua-tiga tahun terakhir rasanya menyegarkan.

Kalau kalian sendiri, bagaimana responnya untuk Sing Out?

All images and videos used is credited to it’s respective owners
logoblog

Thanks for reading Nogizaka46 Review MV Sing Out Sakamichi Indonesia

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment