Produce 48 Pre-final Personal Lineup for IZONE Girlband

  Okada Nana      
Produce 48 sudah mendekati final episode, menyisakan 20 trainee dari awal 96 trainee, setelah melalui tiga proses eliminasi dalam 4 bulan terakhir, akhirnya Top 12 yang akan debut dalam “international girl group” akan ditentukan pada Jumat 31 Agustus mendatang.
Sebelum menuju final, seperti sudah kutulis dalam forum, duapuluh trainee tersisa sama-sama menunjukkan kapabilitas untuk masuk ke babak final. Beberapa hari kedepan sudah bisa diketahui siapa saja yang akan debut. Tapi sebelum itu, tidak ada salahnya untuk coba-coba menebak siapa yang kemungkinan bisa debut.
Here Are The 20 “Produce 48” Trainees Who Could Be In The Next I.O.I

Bohong saja kalau kubilang aku tidak punya jagoan dalam Produce. Sejak awal, hanya dua; Takeuchi Miyu dan Lee Kaeun. Miyu karena aku merasa ini adalah kesempatannya untuk (akhirnya) bisa bersinar setelah bertahun-tahun hanya berstatus member kelas tiga di AKB.
Untuk Kaeun, lebih karena aku merasa Afterschool sudah tamat. Salah satu girl group favoritku yang kini sepertinya sudah menjadi sejarah. Kaeun hanya berpartisipasi di dua lagu sebelum Afterschool hiatus selama 5 tahun. Kesempatannya untuk merasakan kejayaan yang tidak pernah dirasakannya meski sudah debut 5 tahun lalu.
Nah, dua-duanya juga masuk sampai babak final. Kaeun tidak pernah keluar dari Top 10 sejak awal, dan di tiga minggu pertama selalu menjadi #1. Miyu lebih drastis, rank-nya naik turun sampai pernah di titik lolos dari lubang jarum saat eliminasi kedua. Di hasil vote sementara, dia ada di rank #6.

Setelah dua-duanya masuk final, aku tentu berharap mereka bisa debut bersama. Nah, kembali ke judul artikel, aku berniat membuat tebak-tebakan siapa yang kira-kira bisa mengisi debut line-up untuk Produce 48 ini. Sebelumnya, untuk pengingat, ini dia daftar 20 trainee yang lolos;
Top 20 trainee
20. Park Haeyoon
19. Kim Chaewon
18. Jo Yuri
17. Takahashi Juri
16. Choi Yena
15. Kim Minjoo
14. Ahn Yoojin
13. Han Chowon
12. Kwon Eunbi
11. Honda Hitomi
10. Shitao Miu
9. Yabuki Nako
8. Shiroma Miru
7. Jang Wonyoung
6. Takeuchi Miyu
5. Lee Kaeun
4. Kang Hyewon
3. Lee Chaeyeon
2. Miyazaki Miho
1. Miyawaki Sakura
[collapse]
Dari yang tersisa, selain Kaeun dan Miyu, my affection grew on Chaewon & Hitomi. Chaewon seperti dianaktirikan selama Produce 48 meski kemampuannya oke. Hitomi karena dia menunjukkan progress lebih dari sekedar dancer saja.
Selain itu, perlu diingat juga, vote dari fans mereka yang sudah tereliminasi bisa jadi mengerucut ke beberapa nama. Power vote semacam ini jelas tidak bisa diabaikan. Contohnya, fans dari Sato Minami akan memilih Kang Hyewon karena mereka dekat, belum lagi mereka yang tertarik dengan kepribadian Hyewon.
Akhirnya, prediksi line-up debut final dariku adalah;

12. Shitao Miu


Sedikit susah untuk menentukan apa Hitomi, Miu, atau Miru yang akan mendapatkan posisi terakhir ini. Miru lebih populer sementara Hitomi hampir tidak tergeser dari Top 12. Miu, baru muncul di pertengahan, tapi krusial karena menjelang akhir.
Individual camera Miu mendapat jumlah 489K views saat perform Touch, itu belum menghitung Naver yang jadi portal video utama di Korea. Cuma itu? Tidak. Ayo membicarakan visual, Miu lebih unggul dari Hitomi atau Miru, karena dia termasuk tipikal visual favorit orang Korea. Dan mereka suka ceritanya yang coming from nowhere.

11. Jo Yuri


Yuri ada di sisi yang lebih tidak menguntungkan karena rank-nya termasuk rendah. Tapi ini pendapat pribadiku; she’s top notch vocalist, didn’t get much spotlight, her popularity are so-so, but for this final, her chances are quite high.
Mungkin juga ini sekedar bias tidak berdasar, aku sendiri tidak paham benar kenapa memasukkan Yuri dalam prediksi debut line-up ini, yang jelas bagiku hanyalah, #12-#11 akan menjadi ajang perang, dan Yuri akan memenangkan perang itu.

10. Kwon Eunbi


Salah satu yang populer dari awal, Eunbi yang mirip Irene ini juga masuk dalam pilihan Visual Center. Eunbi juga dikenal karena leadership yang bagus, sering ditunjuk sebagai leader dalam tiap konsep evaluasi. Hasilnya juga tidak mengecewakan.
Selain leadership, kemapuan vokal dan dance Eunbi juga tidak bisa diremehkan. Rank-nya memang agak menurun belakangan ini, tapi kupikir dia akan aman. Belum lagi power vote yang bisa didapatnya dari fanbase Lee Sian.

9. Takeuchi Miyu


Miyu menjadi korban evil editing Mnet tepat di episode 11. Setelah 10 minggu tampil dengan image “pecinta musik yang sudah berkorban banyak, humble, dan mementingkan grup” menjadi “selfish, mau menang sendiri” setelah menolak menyerahkan posisi main vocal untuk lagu final.
Whatever that is, bagi pendukungnya tentu hal ini hanya sekedar evil editing, tapi kasus sama juga terjadi di Produce musim sebelumnya, dari yang masuk Top 10 malah gagal debut di akhir. Kuharap tidak terulang pada Miyu, tapi posisinya memang jadi bergantung pada hasil final performance.

8. Yabuki Nako


Nako tidak masuk dalam debut line-up bagiku tidak masuk akal. Rank-nya naik terus sejak live pertama, dan setelah “sendirian” menyelamatkan timnya dalam live itu, popularitasnya juga setara terus menanjak. Dari segi variety, dia juga salah satu yang paling populer diluar kemampuan live stage.
Saat ini, satu-satunya halangan Nako untuk masuk debut line-up mungkin cuma kemampuan vote dari fans. Kalau ada power vote di akhir, terutama jika dia tidak mendapatkannya, posisinya bisa jadi lebih bawah dari #9.

7. Miyazaki Miho


Kim Myao mengejutkan dengan menduduki #2 di eliminasi ketiga. Selain vocal power, kecintaannya pada Korea membuat jumlah vote untuknya mengalir deras sejak pertengahan Produce. Dan fanbase Myao jelas akan all-out untuk final, mereka tidak akan mau berhenti sebelum vote ditutup.
Odds untuk Myao? Sebenarnya aku merasa dia bisa jadi diantara #12 sampai #10, tapi mengingat dia satu-satunya trainee yang tersisa untuk lagu 1000% sebelum eliminasi kedua, power vote akan datang dari mereka yang satu grup dengannya.

6. Jang Wonyoung


Wonyoung mengalami penurunan rank yang cukup signifikan di episode terakhir. Tapi dia menjadi viewers darling dan relatif aman dari nada miring. Dan jujur saja, rank #8 yang didapatnya minggu lalu adalah yang terendah selama Produce 48, kalau dia tidak ikut debut, masuk akalkah?
Kalau ada yang bilang Produce 48 itu rigged, halo, baru berapa lama lepas dot dan minum dari gelas? Nikmati dramanya, kalaupun idola kalian gagal masuk debut line-up, itu bukan akhir dunia. Nanti akan kutulis satu contoh dari Produce 101 season 1 yang gagal di final episode dan sekarang sukses sebagai idol.

5. Lee Chaeyeon


Survival ketiga Chaeyeon, setelah gagal menjadi member TWICE, ini saatnya untuk debut. #5 untuk final episode kupikir yang paling mungkin untuknya. Popularitasnya selama Produce 48 memang tidak bisa dibilang tinggi, tapi steady, juga mencuri perhatian setelah beberapa kali struggling dengan performance.
Dari segi kemampuan, oke. Visual, oke. Paket lengkap untuk debut. Halangannya untuk debut mungkin hanya faktor keberuntungan. Dua kali gagal, kali ini pun masih strugggling, Chaeyeon akan membayar penyesalannya kalau bisa debut.

4. Kang Hyewon


Kangchan menjadi populer sebagai Sato Minami okaasan. Inilah yang membuatnya jadi viewers darling juga selain karena visual. Perjalanannya sampai final juga penuh dengan perjuangan, karena dia bisa dibilang selalu apes tiap latihan di backstage tapi oke di panggung.
Seperti kubilang diatas, power vote akan berpengaruh besar padanya. Dua kali muncul sebagai Top 4, Kangchan rasanya tidak akan tergeser dari debut line-up. Malah mungkin bisa bersaing sebagai center.

3. Miyawaki Sakura


Sakura menjadi center untuk Nekkoya, dan center dari theme song selalu terpilih masuk debut line-up, tapi tidak melulu sebagai center. Choi Yoojung dan Lee Daehwi dari season sebelumnya pun demikian. Meski Sakura menjadi #1 tepat di minggu sebelum final, kurasa akan susah untuk mempertahankannya.
Bukan karena apa, rank Sakura cukup sering naik turun selama Produce 48, bukti kalau dia lebih bergantung pada power vote ketimbang vote normal. Bukannya salty atau apa, memang skill-nya meningkat selama Produce 48, tapi kalau melihat dari sisi itu saja, Chowon lebih cocok jadi #1.

2. Lee Kaeun


Ini jelas ada bias, tapi toh, Kaeun juga menjadi center kedua Nekkoya, rank-nya tidak pernah turun dari Top 10, memang untuk live performance rank, dia seringnya ada di bawah. Ini juga yang membuat agak ketar-ketir, tapi untuk keseluruhan, Kaeun selalu jadi top rank.
Karena final episode akan ditayangkan live, kuharap Kaeun bisa mendapat power vote. Yah, sebenarnya, mau di rank berapapun, Kaeun debut saja aku sudah senang. Tapi karena ini artikel rank, lebih susah dari prediksi senbatsu.

1. Ahn Yoojin


Memilih #1 adalah pekerjaan sulit. Karena apa? Sejauh ini, sudah ada 6 orang yang bersaing memperebutkan #1 sejak eliminasi pertama; Yoojin, Kaeun, Nako, Wonyoung, Sakura, dan Myao. Artinya? Banyak penantang untuk #1 tapi tidak ada paket komplit sebagai center. Beda dengan Somi dan Daniel dari dua season sebelumnya.
Kenapa pilihanku jatuh pada Yoojin akhirnya? Karena sejauh ini, bagiku dia adalah satu-satunya yang mendekati paket komplit seperti Somi maupun Daniel. Suka tidak suka, karena memang itu konsekuensinya.
Yoojin terjun bebas di rank sebelumnya ke #14, rank terendahnya selama Produce 48 dan keluar dari debut line-up untuk pertama kali. Ini disebabkan evil editing yang membuatnya jadi semacam public enemy, tapi mereka yang berpendapat seperti itu, jelas tidak menikmati dramanya secara penuh.
Tapi jujur saja, tanpa Yoojin di debut line-up, justru malah akan membuat grup finalnya hambar. Kita butuh member yang bisa menanggung peran ini, yang mana dilakukan Yoojin dengan baik. Apapun itu, aku yakin Yoojin akan bisa debut.

Harus diingat juga kalau ini hanya prediksi, dan kalau tidak terwujud pun aku tidak akan terlalu menyesal. Hanya akan menyesal kalau Miyu dan Kaeun tidak masuk di debut line-up saja. Selebihnya, aku tidak terlalu peduli.
Lihat saja, aku tidak memasukkan Chaewon atau Hitomi, meski mereka juga termasuk yang kudukung. Karena apa, posisi mereka ambigu, ada di ambang batas. Yah, siapapun yang akan masuk debut line-up, tetap dukung mereka saja. Daripada nyinyir mulu gak ada hasilnya.
Itulah prediksiku untuk debut line-up Produce 48. Pasti akan ada hit & miss, karena kalau benar semua maka aku sudah berlisensi untuk membuat agensi ramalan.
Bagaimana dengan kalian, jagoan masing-masing untuk debut dari Produce 48?
logoblog

Thanks for reading Produce 48 Pre-final Personal Lineup for IZONE Girlband

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment