Keyakizaka46 This Year 2018 Recap Full

  Okada Nana      
Kembali seri Sakamichi This Year, dan kali ini untuk Keyakizaka This Year 2017. Selama 2017 ini Keyaki mengalami banyak up & down dalam banyak hal. So am I, in many way. F*ck it. Well, banyaknya hal yang terjadi membuat Keyaki menjadi subyek menarik, karena bahkan non-idol fans pun tahu mereka.

[RAR] Download Keyakizaka46 Photobook "21-nin no Mikansei" Full Scans

Impact Keyaki jelas tidak bisa dibilang sedikit selama 2017, mulai dari rilisan dengan skala promosi yang terbilang wow, drama, membuat posisi mereka semakin kuat di dunia idol sampai undangan Kouhaku. Well, semua yang baik-baik terjadi pada mereka di tahun ini.

Malah, belum ada tanda-tanda akan kekhawatiranku tahun lalu, yaitu apakah mereka akan melambat di tahun ini. Tidak malah, mesin mereka masih belum menunjukkan kelelahan. Well, ini dia #SakamichiThisYear untuk Keyakizaka This Year 2017.

Releases


Minus satu single dari normal, karena di tengah tahun dialokasikan untuk album Masshirona, Keyaki baru mencapai angka 5 single sejauh ini, dengan 4th dan 5th di tahun 2017. Bukan sesuatu yang sangat dramatis juga sih. Lebih karena pattern setahun 3 single itu membuat kita terpatok pada pattern itu.

Overall, baik Fukyouwaon dan Kaze ni Fukaretemo keduanya adalah single yang kuat. Terlalu kuat malah. Fukyouwaon dengan nilai rock dan Kaze yang lebih funk, sama-sama memberi warna yang lain. Apalagi kalau dibanding Nogi yang tiga-tiganya kehilangan rasa di tahun ini.

Getsuyoubi no Asa sendiri punya efek yang oke. Membawa timeline yang berbeda, kali ini adalah prekuel dari SiMa, membuat kita bisa berharap di tahun depan puzzle dari timeline Keyaki ini akan tersusun satu demi satu. It’s a nice easter eggs, makes us wonder and hoping for more.

Overall, untuk Keyakizaka This Year 2017, rilisan Keyaki terbilang memuaskan. Jauh lebih menarik ketimbang Nogi yang datar saja musiknya.

New Entry

Karena belum ada member yang graduate sejauh ini, maka segmen ini kuganti dengan New Entry, alias member baru. Sudah bisa ditebak kan, aku akan membahas tentang Hiragana Gen 2. Yah, seperti yang sudah kutulis di artikel impresi sebelumnya, they did leave impact.

Yang paling menonjol jelas Miho, Suzuka, dan Nao. Mereka meninggalkan kesan yang cukup oke; basket, hip-hop, dan satu yang mirip-mirip aura Nogi. Uhh… sejujurnya masih butuh waktu untuk menilai lebih jauh karena sejauh ini mereka baru muncul di satu-dua episode Keyakake.

Well, dengan bertambahnya member Hiragana, aku sih berharapnya akan ada variety khusus untuk mereka. Atau setidaknya, kesempatan lebih banyak di Keyakake. Sayang saja rasanya kalau mereka hanya diposisikan sebagai figuran seperti Gen 1.

Hiragana mendapat amunisi baru, bagaimana dengan Kanji? Well, mereka masih terlalu kuat untuk ditembus Hiragana, kalau posisi mereka memang adalah Under. Beberapa nama jelas bisa tergeser tapi toh sampai sekarang belum jelas bagaimana sistemnya.

Kalau aku sih, lebih berharap mereka all-out battle saja deh daripada seperti ini terus. Double A-side atau apalah. RE:MIND sudah jadi contoh bagus.

Uprising

Susah untuk mengatakan siapa yang paling uprising tahun ini. Kalau dirunut dari awal, ada YuukaNen yang terpilih jadi captain & vice captain Keyaki. Bukan kejutan juga sih, mengingat posisi mereka dari awal memang seperti sudah diatur seperti itu oleh manajemen. Gummy juga demikian.

Selain itu….tidak ada member yang bisa menyaingi popularitas Tecchi secara keseluruhan. Sampai-sampai kasus di pertengahan tahun yang membuat banyak kontroversi. Well, karena sebelumnya sudah kutulis, jadi tidak perlu lagi bilang kalau “dengan kekuatan yang besar, datang tanggung jawab yang besar”

…. bukan, itu quote Paman Ben. Yang kumaksud adalah popularitas Keyaki, terutama Tecchi, kini sampai di point of no return, yaitu dimana mereka butuh perhatian yang lebih besar terutama dari keamanan. Dan oh, berhenti membicarakan “drama” di Kouhaku kemarin sebagai ajang perang.

Photobook
IMG_20171224_054701.jpg
154.jpg
Untuk pertama kalinya Keyaki mendapat PB. Tapi sayangnya bukan PB grup melainkan solo PB. Pechan dan Neru. Well, untuk yang pertama, sudah bisa ditebak, karena Pechan termasuk member otona sekaligus visual di Keyaki. Memang kalah cepat dari Risa untuk kontrak model, tapi PB untuknya tidak mengejutkan sama sekali.

Untuk Neru, memang posisinya selalu kontroversial. Sejak pertama, dia yang membuat semua situasi Keyaki sekarang membingungkan. Tapi apalah, toh dia tetap member yang bisa dibilang paling menjual di Keyaki terutama dari segi gravure.

Leathery appearance, that is. Apa cuma aku yang akan bilang kalau dari segi sex-appeal, Neru-lah member yang paling masuk kriteria umum dari idol fans? Terlihat dari penjualan dan hype, rasanya Neru > Pechan, jauh malah. Ini akan membuat “persaingan” untuk PB tahun depan akan lebih menarik.

Images
Well, untuk urusan ini, aku merasa Nogi layak mendapat keunggulan dibanding Keyaki. Seperti sudah kubahas di artikel sebelumnya, Nogi mencoba meraih target pasar yang jauh lebih luas. Mulai dari ekspansi PB yang juga dilakukan Keyaki, sampai menguatkan posisi sebagai model group.

Itu adalah gerakan cerdik, karena pasar teenage girls jelas membaca soal fashion dan saat sebuah idol group sering terdengar disana, mereka akan tertarik untuk mengikuti lebih jauh. Keyaki untung juga sih dari sini, karena tidak semua suka dengan idol yang konservatif, ada juga yang lebih dark seperti Keyaki.

Nah, tapi disini, tanpa “penjualan” dari pihak Keyaki sendiri, mereka lebih dilihat sebagai idol yang kelasnya berbeda, seperti BABYMETAL misalnya. Untouchable, karena toh variety don’t do them fairness. Well, kalau mereka terus berada di jalur ini, kekhawatiran akan mereka kehilangan arah kembali muncul.

Can you hear me Major Tom? Can you hear me Major Tom?

Final Words
Keyakizaka This Year 2017 secara keseluruhan hanya memperkuat apa yang mereka bangun sepanjang 2016. Formula idol yang lebih tough terbukti berhasil, dan mereka memperkokoh pondasinya gila-gilaan di tahun 2017 ini. Apakah itu jelek?

Kalau aku jelas bilang iya. Karena ini akan membuat kita terpaku pada satu style saja. Well, problem sebenarnya ada pada fans sih. Sampai kapan kita bisa menelan konsep seperti ini terus-terusan? Jujur saja, bahkan akupun bosan menulis tentang ini, tentang kapan Keyaki akan melihat lebih banyak cahaya.

Dalam urusan review pun, aku merasa hanya mereview hal yang sama dalam kemasan berbeda tiap kali mereka merilis sesuatu. Bosan! Memang sih, rilisan Keyaki terbilang bagus-bagus saja, tapi mau sampai kapan begini terus? Belum lagi Hiragana yang masih overshadowed oleh Kanji.

Akhir kata, aku antara menantikan 2018 dan tidak sepenuhnya berharap kalau mereka akan memberi kejutan di tahun depan. Well, kejutannya mungkin pada akhirnya, akan ada perubahan dalam susunan member. Graduation that is. Bagaimana dengan kalian?

Well, seperti yang kalian baca, dan sepenuhnya tahun di artikel ini benar, ini adalah artikel Keyakizaka This Year 2017 yang seharusnya memang rilis tahun lalu, atau saat aku pindah kesini setidaknya. Karena waktu itu sudah terlambat beberapa bulan, akhirnya artikel ini terbengkalai.

Keyakizaka This Year 2017 ini memberi gambaran tentang bagaimana situasi dan kondisi di akhir 2018 ini berbeda dengan satu tahun lalu. Sangat-sangat berbeda. It’s a time capsule, to think how different this group’s fate have been since then.

Satu yang pasti, 80% tulisan disini adalah tulisan dari awal tahun 2018. Aku hanya menambahkan sedikit terutama untuk bagian penutup ini. Bagaimana dengan kalian? Nostalgia ke kejadian-kejadian satu tahun lalu. Apakah ada perbedaan pendapat antara sekarang dengan tahun 2017 kemarin?

All images used is credited to it’s respective owners
logoblog

Thanks for reading Keyakizaka46 This Year 2018 Recap Full

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment